Jumat, 23 Februari 2018

ACUAN PERKULIAHAN HADIST TARBAWI I


ACUAN PERKULIAHAN HADIST TARBAWI
PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH ( PGMI )
 STAI YASNI MUARA BUNGO
SEMESTER GENAP 2017/2018
A.    IDENTITAS MATA KULIAH

Nama mata kuliah             : Hadits Tarbawi
Kelompok mata kuliah      : MPK
Bobot sks                          : 2 SKS
Prodi/semester                   : PGMI   VI/B
Nama dan kode dosen      : Mubaidillah, S.Th.I. MA (MB)
Nomor HP                         : 085272430461
Email                                 : mubaybae@gmail.com
                                          : mubaidillahismail@yahoo.com
Blog                                  : mubaidillah-ismailblogspot.com

B.     DISKRIPSI MATA KULIAH
Matakuliah ini akan mempelajari berbagai konsep pendidikan Islam yang terkandung dalam hadis Nabi baik secara filosofis, teoritis, dan praktisnya. Untuk itu bagian pertama akan mendiskusikan konsep dasar dari pendidikan Islam yang meliputi pengertian, dan sistem  dan diteruskan bagian lain yang masuk dalam koridor tema-tema sentral Pendidikan Islam. Hadits Tarbawi adalah matakuliah yang memuat kajian filosofis-interpretatif terhadap hadits-hadits tentang pendidikan dan akhlaq. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan seperangkat pengetahuan dan keterampilan tentang beberapa metode dan kunci pemahaman melalui hadist-hadits tersebut. Paling tidak mahasiswa telah membekali diri dengan berbagai hadis yang dapat dijadikan dasar dalam mengembangkan pendidikan Islam dari berbagai aspek yang terkait.
C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan mata kuliah ini diharapkan dapat dicapai:
  1. Pengetahuan; Mahasiswa mampu memahami konsep dasar dan teori-teori pendidikan Islam dalam kegiatan pembelajaran dan pengembangan pendidikan Islam.
  2. Sikap; Memiliki kepribadian pendidik dan bertanggung jawab dari tugas dan keilmuannya.
  3. Ketrampilan; Dapat melaksanakan tugasnya sebagai pendidik secara profesional serta dapat mengaplikasikan dalam kegiatan dan pengembangan pendidikan Islam.
  4. Mahasiswa mampu menghapal hadis-hadis yang berkaitan dengan pendidikan.
D.    EVALUASI PEMBELAJARAN

Hasil belajar dalam matakuliah ini dinilai berdasarkan pada:
  1. a.      UTS                            : 25 %
  2. b.      UAS                            : 25 %
  3. c.       PRESENTASI          : 30 %
  4. d.      PRESENSI                : 20 %
E.     TIMELINE (JADWAL PERKULIAHAN)
            Secara garis besar akan ditempuh skenario perkuliahan sebagai berikut:
  1. Pendahuluan: orientasi bahan.
  2. Diskusi dan kajian materi-materi sesuai jadwal yang telah disepakati bersama.
  3. Mid semester atau ujian tengah semester (UTS).
  4. Melanjutkan diskusi kelas sesuai jadwal.
  5. Ujian akhir semester (UAS) dan mengumpulkan tugas individu / kelompok.
F.     TOPIK DAN SUB TOPIK MAKALAH  PGMI  VI/B:
  1. PENDIDIK DALAM PERSPEKTIF HADIS
a.       Allah Sebagai Pendidik
b.      Rasul Sebagai Pendidik
c.       Orang Tua Sebagai Pendidik
d.      Guru Sebagai Pendidik

2.      URGENSI ILMU
a.       Ilmu Bermanfaat
b.      Keutamaan Orang Berilmu
c.       Kewajiban Menuntut Ilmu

3.      SIFAT KEPRIBADIAN PENDIDIK
a.       Sifat adil
b.      Penyampai ilmu
c.       Tawaddu’
d.      Toleransi dan bijaksana

4.      METODE PEMBELAJARAN
a.       Metode drill dan eksperimen
b.      Metode asistensi
c.       Metode tanya jawab
d.      Metode drama

5.      1) ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
a.       waktu dan tempat belajar
b.      jadwal pembelajaran
           2) ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
c.       pendidik sebagai mediaor
d.      tulisan sebagai media
e.       mimbar sebagai media

6.      KARAKTER DAN SIFAT ANAK DIDIK
a.       sikap duduk di majelis
b.      karakter menerima pelajaran

7.       PENGARUH DALAM PENDIDIKAN
a.       pengaruh teman
b.      pengaruh lingkungan keluarga
c.       pengaruh setan

8.      ETIKA DAN METODE BELAJAR
a.       taat kepada Allah dan rasul
b.      bertanya dan menghargai perbedaan
c.       belajar bersama

9.      USIA DAN TUGAS BELAJAR MENGAJAR
a.       Usia Belajar dan Hukuman
b.      Tugas dan Model Belajar



Tidak ada komentar:

Posting Komentar